Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips cara ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah yang mungkin saat ini sedang anda alami, selain itu akan membagikan juga cara mengobati hidung tersumbat sebelah dengan cara pengobatan alami. Akan tetapi sebelumnya alangkah baiknya kalo anda mengetahui terlebih dahulu apa sih yang menjadi penyebab kita mengalami hidung tersumbat.

Penyebab hidung tersumbat Biasanya bisa dikarenakan karena masuk angin, Influenza dan sinusitis. Jenis penyakit tersebut umumnya menyebabkan peradangan pada lapisan rongga hidung serta sinus yang notabene merupakan jaringan kaya pembuluh darah. Pada saat peradangan itulah yang membuat pembuluh – pembuluh darah tersebut melebar dan terjadi pembengkakan hingga menyebabkan hidung mampet.

Rekan – rekan tidak perlu khawatir apabila hidung mampet yang anda derita disebabkan oleh penyakit ringan diatas akan bisa sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 5 – 8 hari, bisa juga lebih cepat apabila dibantu dengan mengkonsumsi vitamin hingga daya tahan tubuh membaik. Dan apabila anda mengalami hidung tersumbat dalam jangka waktu yang lama ada baiknya cepat di periksakan ke Dokter, karena dikhawatirkan penyebabnya bisa dari virus, alergi, sinusitis kronis atau yang lebih ditakutkan lagi akibat adanya tumor jinak.

Berikut ini adalah cara alami yang ampuh mengatasi hidung tersumbat :

1. Mandi air hangat
Mandi air hangat bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya.

2. Air
Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Hal ini secara tidak langsung dapat meringankan saluran hidung yang teriritasi dan mencegah penyumbatan sinus. Anda bisa minum air hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan melegakan hidung tersumbat.

3. Posisi kepala saat tidur
Tinggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Ini akan memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung untuk keluar. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk membuat waktu tidur Anda tidak terganggu karena kesulitan bernapas.

4. Minuman jeruk hangat
Cara terbaik untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu Anda menjaga kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahi dengan madu.

5. Makanan pedas
Mengonsumsi makanan panas adalah cara terbaik untuk melegakan hidung tersumbat. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir keluar dengan sendirinya.

6. Steaming
Ini adalah cara terbaik untuk menenangkan peradangan dan membuat Anda bisa bernapas dengan mudah, ketika Anda mengalami masalah hidung tersumbat Anda. Ambil baskom berisi air mendidih dan kurungi kepala Anda dengan handuk sehingga uap langsung terhirup ke hidung dan mengenai wajah. Ini dapat mengalirkan lendir dan racun dari tubuh Anda.

7. Teh herbal
Teh herbal adalah obat paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga digunakan untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

8. Minyak kayu putih
Ini adalah salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat.

9. Sup ayam
Sup ayam adalah obat yang sangat baik untuk hidung tersumbat. Semangkuk supa ayam hangat adalah cara terbaik untuk membuka hidung yang tersumbat. Ini berisi sistein, yang meredakan sumbatan pada hidung dan merilis lendir yang pada akhirnya membuka penyumbatan di hidung.

10. Berkumur dengan garam
Masukkan garam ke dalam air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah beberapa kali dengan larutan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung Anda.

Anda tidak perlu khawatir dengan Cara pengobatan hidung tersumbat yang menggunakan bahan alami diatas, selain cara pengobatan tersebut dengan menggunakan bahan yang berbahan dasar alami dan juga cara mengobati hidung tersumbat tersebut tidak memiliki efek samping yang membahayakan, cara tersebut juga terbilang cukup aman bila untuk di implementasikan kepada anak-anak yang sedang mengalami masalah hidung tersumbat sebelah.

Dan apabila setelah melakukan cara – cara pengobatan diatas dan masih belum sembuh juga sebaiknya rekan – rekan periksakan ke Dokter supaya mendapatkan perawatan lebih intensif. Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara ampuh mengatasi hidung tersumbat sebelah, semoga tulisan tersebut bermanfaat.

Sumber : http://www.merdeka.com

Komentar